Kakushigoto (Rahasia) – 01-12 [Tamat]

Yap, sudah tamat. Gua enggak nyangka juga proyek musiman ini bisa tamat setelah beberapa minggu episode terakhir sudah dirilis. Dengan ini, saya nyatakanย DELSUBS BUBAR! (tapi ganti jadi Delima)

Berikut keluh kesah para komikus dan asisten yang merahasiakan identitasnya saat mengerjakan proyek ini.


Awalnya gua disuguhin proyek ini sama N4O. Lumayan menarik perhatian gua karena anime satu ini dikarang oleh komikus Sayonara Zetsubou Sensei. Setelah lihat cuplikan, seiyuu, tanpa basa-basi gua langsung garap. Lagu pembuka yang dinyanyikan oleh flumpool pun terdengar ciamik, enggak kaku, dan menggambarkan suasana anime yang “katanya” berbau komedi dan separuh kehidupan. Karena lagu pembuka dan penutup di anime ini terdengar enak, kenapa enggak sekalian digubah biar bisa dinyanyiin?

Sengaja gua bikin gaya terjemahannya sangat nyeleneh, acakadut, enggak sesuai kaidah EBI (Aktivis PUEBI mending enggak usah nonton rilisan di sini, bisa sakit mata entar). Niat awalnya sih gitu.

Ternyata, scene akhir di setiap episode selalu membawa bendera musibah. Bingung dong, ini gua mau ubah aja jadi formal lagi, atau tetap dijadikan memesubs.ย Akhirnya, gua memilih untuk tetap menggunakan memesubsย tergantung sikon dalam scene animenya. Gua juga emang sengaja untuk nyembuyiin relawan yang ngerjain garapan ini, biar cocok sama judulnya.

Seperti biasa, gua sangat berterima kasih kepada relawan yang bersedia diculik dalam proyek ini yaitu Kresendo untuk bantuan penataan waktunya, N4O untuk “tata rias“, gayaan lagu penutup, dan ramuan videonya, Shaft dengan suntingan bahasanya, dan jugaย iFanz yang mau menyediakan efek karaoke di lagu pembuka! Tanpa kalian, mungkin rilisan ini bakalan mandet selamanya.

Tak lupa juga, terima kasih untuk kalian pengunduh setia Delima yang mau menunggu memesubs ngaco ini. Berkat kalian, gua jadi semangat untuk menyelesaikan salah satu utang di fansub ini.

Akhir kata, syukron wa iyyaka, terima kasih banyak, selamat mengunduh, dan sampai jumpa di rilisan berikutnya!

Serenium


Jangan bingung kalau ketemu bahasa daerah yang jadi gado-gado (dicampur), untung rilisan ini dilindungi tameng ๐“ถ๐“ฎ๐“ถ๐“ฎ๐“ผ๐“พ๐“ซ๐“ผ.

–ย Shaft


Ngebuang 10 Euro (lagi) yang ujung-ujungnya gak kepake. TS setengah-setengah tapi masih gua usahain biar bisa kebaca dan jelas untuk yang apa dan posisi mana. Gomennasorry.

–ย N4O


Siip, udah cukup basa-basinya, langsung saja unduh dan nikmati rilisan kami, ya!
Selalu jaga kesehatan dan tetap di rumah aja.

Jangan lupa juga untuk gabung ke peladen Discord Delima, silakan klik di sini.
Jika kalian berminat untuk donasi, silakan klik taut berikut.


Para komikus dan asisten yang merahasiakan identitasnya,
๐“œ๐“ฎ๐“ถ๐“ฎ๐“ท๐“ผ๐“ต๐“ช๐“ฝ๐“ธ๐“ป, Penggubah lagu, Penyelaras akhir: Serenium
Penyunting: Shaft
Penyesuai waktu: N4O dan Kresendo
Penggaya lagu: iFanzย danย N4O
๐“œ๐“ฎ๐“ถ๐“ฎ๐“ท๐“ฌ๐“ธ๐“ญ๐“ฎ๐“ป dan Penata rias: N4O


Serenium

Penerjemah lepas, Penggemar Nagae Rika, Fansubber.

You may also like...